Tips Berhemat ala Mahasiswa di UK


Budget lifestyle, bukan berarti hidup cheap cheap.  Cuma ada beberapa cara untuk save uang daripada bayar lebih mahal 😀 Y

This is my own tried-and-tested list of money-saving tips selama kuliah di UK. Prinsip tips di sini tentunya shop less, spend less. Ada beberapa tips misalnya menggunakan discount card NUS Extra Card, tapi itu akan menguntungkan if you actually shop much. Yes, semua kembali ke pilihan, mau di pos keuangan mana yang mau lebih berhemat.

Semangat!

Food

  • Masak! Masak save uang sampe 10-15 pounds sehari untuk makan. Sedangkan budget segitu bisa beli bahan masak untuk seminggu (sudah termasuk lauk protein, sayuran, buah, dan beras).
  • Masak makanan yang bisa dimakan 2-3 kali karena kita perlu save time buat kuliah, belajar, dan do other things. Indah biasa masak siang sebelum berangkat kuliah sekalian buat malam, biar malem capek-capek tinggal hap ga perlu mikirin nyiapin makanan lagi, which is the graduate student real life problem 😀
  • Hal pertama yang Indah lakuin pas sampe UK tahun lalu adalah beli rice cooker. Bisa bawa sendiri, turunan dari mahasiswa sebelumnya (biasanya masih bagus dan lebih murah), beli baru di supermarket dengan harga sekitar 20 pounds.
  • Siapin bawa bekal makan yang isinya bisa dihangatkan di microwave. Di study room, graduate hub, atau departemen selalu punya microwave untuk fasilitas mahasiswanya. Dan jangan kaget kalo liat banyak yang bawa lunchbox kaya ini karena mereka ga gengsian dan nganggep lunchbox cuma buat anak kecil! Selain hemat, sehat, rasanya jelas enak dan halal, dan berguna banget untuk masa-masa harus ngerjain tugas atau belajar lama di studio/lab/perpus.
Lunch Box Edition
Lunch Box Edition

Communication

  • Paket data operator Giffgaff adalah yang paling murah. Cuma bayar £10  untuk data 1 GB, unlimited sms,  gratis telepon sesama Giffgaff, 500 menit telepon beda operator yang seriously ga pernah kepake sampai habis. Untuk kebutuhan di rumah/flat selalu ada koneksi wifi yang cepat, jadi ga perlu data banyak.
  • Order SIM, aktivasi, serta beli paket data (istilahnya Goodybag) lewat account online. Kalau baru dateng di UK dan belum punya account bank, bisa pinjem aja dulu ke temen yang udah punya (hint: mahasiswa lama) 😀 Atau untuk sementara pake SIM card yang mudah dibeli di minimarket tapi tarif lebih mahal, kaya merek Vodafone, 3, EE, atau O2.

Home Essentials

  • Belanja tisu toilet, tisu dapur, pembersih toilet dan kamar mandi, dan barang lainnya yang pasti kita beli secara rutin, lebih murah dibeli secara bulk dari supermarket Asda online. Beli untuk stok 3-6 bulan. Harga dari supermarket itu lebih murah, hemat biaya transport bolak-balik tiap beberapa minggu sekali ke supermarket yang jual harga barangnya lebih mahal, dan ga ribet bawa belanjaan banyak (think tissue roll 6 bulan!). Kalau kita tinggal bareng di rumah dengan mahasiswa lain, bisa belanja bareng biar bagi delivery fee (biasanya sih cuma £1-2 atau bahkan gratis!).
  • Cek supermarket Lidl, Aldi, Morrisons, untuk barang-barang esensial; Poundland atau Poundsavers untuk barang-barang unik harga £1 (baking tools, handwarmer, roasting tools, dll).
Jalur kereta merupakan nadi transportasi di Inggris dan Eropa, jadi punya Railcard hampir esensial untuk hemat perjalanan antar kota
LONDON KING’S CROSS: Jalur kereta merupakan nadi transportasi di Inggris dan Eropa, jadi punya Railcard hampir esensial untuk hemat perjalanan antar kota

Transport

  • Untuk yang suka jalan antar kota (my fav!), beli Railcard 16-25, seharga £30 untuk 1 tahun atau £70  untuk 3 tahun (hint: PhD students) secara online. Dengan Railcard ini, kita selalu dapet diskon 30% untuk semua perjalanan dengan kereta! Bahkan untuk yang tinggal atau suka pergi ke London, kartu ini bisa di-link ke Oyster Card kita (yes, bahkan yang udah pake Oyster Student Photocard) untuk dapet diskon transport London yang akan dihitung otomatis oleh sistem.
  • Untuk yang prefer jalan pake bus antar kota, don’t forget to check Megabus.com Tiket bisa sampe seharga 2 pounds (inget untuk book jauh-jauh hari). Ada teman yang doyan banget samperin Indah ke London suka dapet harga tiket PP London cuma 10 pounds (tiket kereta PP bisa 15-20an). Megabus punya jalur internasional ke luar negeri dan rute Eropa loh.

Leisure

  • Banyak banget tempat wisata/leyeh-leyeh/lari dari kenyataan kuliah yang gratis! Cek museum baik yang besar maupun kecil, parks, hill, pantai, tebing, atau event yang free free free. Tempat favorit Indah di London antara lain British Museum, Primrose Hill dan Lord’s Mayor Show di London, Arthur’s Seat di Edinburgh, dan Wollaton Hall and Deer Park di Nottingham. So, kalopun pergi ke luar kota, cuma modal biaya transportasi, akomodasi nebeng di temen, dan cari destinasi yang gratis-gratis 😀
Arthur's Seat di Edinburgh, 251m di atas permukaan laut
Arthur’s Seat di Edinburgh, 251m di atas permukaan laut

Student Discount

  • Untuk belanja di manapun baik McD atau apapun, biasain tanya “Do you happen to have student discount?”. Soalnya kadang ga ditunjukkin besar-besar di etalase. Kalau iya, mereka bisa berlaku dengan dengan cuma nunjukkin kartu mahasiswa atau NUS Extra Card.
  • Mungkin ada yang pernah dengar kartu ISIC, tapi yang terkenal dan banyak partner diskonnya di UK itu NUS Extra Card dengan harga £12 untuk 1 tahun . Diskon 10% untuk Megabus, supermarket Co-operative, Superdrug, Topshop, dan beli Railcard. Beli pas awal kuliah, biar kita pake penuh masa berlaku 1 tahun selama kita 1 tahun (kalau yang kuliahnya 1 tahun yak :D).

Accomodation

  • Jika dibandingkan secara kasar, harga akomodasi private share (kontrak rumah bareng sesama mahasiswa) lebih murah daripada akomodasi asrama yang dikelola kampus (flat/student accomodation). Plus ga ada biaya tambahan untuk laundry karena kita punya mesin cuci sendiri. Lokasi yang ga di pusat kota lebih murah lagi. Tapi akomodasi itu tergantung pilihan gaya hidup dan ketersediaan akomodasinya sendiri. Indah pernah nyobain semuanya waktu kuliah di US, Singapura, dan UK. Tentunya masing-masing ada plus minusnya. Bakal panjaaaang kalau harus dijelasin di sini. 😛 Mungkin ada yang request untuk post khusus tentang akomodasi? Komen ya di bawah 😀

Ada yang punya pengalaman atau ide lain atau pertanyaan? Silakan komen di bawah atau di Facebook Indah ya. So, happy saving 😀

Advertisements

10 thoughts on “Tips Berhemat ala Mahasiswa di UK”

    1. ASDA sahabat mahasiswaaa…
      Karena Indah tinggal di central London dan ASDA hampir ga ada di daerah situ, jadi lebih sering untuk bulk shopping toiletries secara online 😀

  1. Hi Indah! baru nemu blogya lewat postan someone di facebook. salam kenal 🙂
    I used to study in the UK too.. pasti banyak relate sama blog kamu deh 😀 😀
    more tips on saving money: there is no shame in visiting 2nd hand shop terutama buat kamu yang tinggal di kota2 kecil.. biasanya banyak cancer foundation, heart foundation, dll. jadi bisa beli baju or baju dingin atau buku2.. sepatu.. degan harga miring.. penjualannya pun dijadiin amal hehe.. nanti pas mau pulang, barangnya bisa di sumbangin kesana juga daripada di buang… itung2 beramal hehe..
    untuk yang planning kuliah di University of Exeter, tiap minggu ada 2nd hand market namanya carboot.. itu sampe sofa segala juga dijual.. dulu pernah beli steamer 3tingkat seharga 50pence! pulang rumah langsung pesta siomai hahaha.

    untuk beli buku juga banyak wesite2 yang jual buku bekas. atau kalo maujual buku yang uda kepake juga bisa.. tapi aku lupa nama websitenya harus nyari dulu hehe..

    untuk akomdasi pas jalan-jalan.. bisa nyari2 info di pagenya ppi UK karena banyak yang mau nyewain kamarnya (yang biasanya di london) for 5-7 days dengan harga yang jauh lebih murah dari pada hotel.. bisa juga stay di rumah2 yang disediakan ama embassy indonesia. kalo gak salah di zone 3 dulu.. dengan provide student card dan ktp kalo gak salah.. jaman dulu cm 15pound semalem hehe..

    kalo shopping online atau makan di restoran, selalu cari coupon diskon/ promo code dulu.. biasanya suka ada 5pound off untuk belanja di tesco. atau 50% di restoran2.

    ah, I miss England ❤

    1. Halo Gilda,

      Thanks banget masukannya. Iya tuh carboot sale atau second hand shops pasti terkenal banget di kota-kota itu, sayang Indah di central London banget jadi jarang ada yang kaya gitu, kecuali masuk ke lebih residential area di sisi lain London kaya Whitechapel atau Notting Hill. Kayanya seru kalo bisa dapet barang-barang diskon asik gitu.

      Gue juga suka jadi tempat tebengan temen-temen mahasiswa yang dateng ke London, free of charge haha. Wisma Nusantara itu iya emang harganya segitu..

      Groupon tuh mayan buat events atau fine dining lucu, diskon murah haha.

      Thank banyak atas masukannyaa

  2. Assalamualaikum mba, aku mau nanya. Kebetulan aku merencanakan untuk menyambut tahun baru di London. Kira2 Desember akhir suhunya dingin banget ngga? Apa udah turun salju? Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s