6 Tips Backpacking ala Cewek


Untuk cewek yang suka travelling dan foto-foto, ga gampang =backpacking yang super budget dan simpel. Ga seperti cowok yang bajunya bisa kaos oblong terus-terusan, cewek perlu bawa berlapis-lapis baju (apalagi yang pake jilbab yak), make up, payung, obat-obatan dll. Apalagi kalau lagi “datang bulan” dan/atau ke tempat yang lagi musim dingin!

Pengalaman beberapa kali jalan dengan biaya minimal dan cuma bermodal satu tas challenging banget, tapi seru! Ini dia tips-tipsnya:

1. Packing

Ini dia yang paling esensial. Bawa tas ransel ukuran kabin (kalau naik pesawat) dan/atau tas tangan. Harus pintar memilih baju yang bahannya ringan dan/atau ga cepat kusut. Recommended bawa blouse tipis, cardigan, kaos, dan kemeja. Pack baju seperti sandwich satu hari (misalnya kaos, pakaian dalam, pantyliner, dan kerudung) terus digulung dan diikat pakai karet gelang. Maknyus untuk ngehemat ruang tas dan ga berantakan.

travel light, pack light
travel light, pack light

Pikirkan juga untuk laundry  di tengah perjalanan. Jadi untuk 10 hari cuma bawa 5 gulung baju. 5 hari berikutnya ya pake baju itu lagi yang udah dicuci. Banyak mesin cuci yang langsung kering dan pilih bahan baju yang ga perlu disetrika (seperti katun) jadi skip step ngejemur dan nyetrika. Untuk kerudung, kadang sulit pilih bahan yang ga kusut, tipsnya bawa aja kerudungnya 10 biji untuk 10 hari. Damai 😀

Semua toiletries dan skincare pindahin semua ke botol atau jar kecil yang kurang dari 100ml atau bahkan 50ml. Bawa makeup yang kecil dan mudah aplikasinya, eyeshadow stick atau cream blush, jadi ga perlu pakai kuas. Make up remover juga pakai yang bentuk tisu kecil aja, jadi ga perlu bawa botol dan kapas.

2. Jalan-jalan dan Keamanan

Realistis aja, ga mungkin backpacknya dibawa terus kemana-mana kan? 😀 Jadi manfaatin jasa titip tas atau loker di stasiun atau hostel dan bawa seperlunya aja untuk jalan dengan tas tangan. Biayanya ga terlalu mahal dan bikin jalan lebih ringan.

tiket titip tas di salah satu stasiun di perancis
tiket titip tas di salah satu stasiun di perancis

Untuk tempat yang rawan, ada juga yang nyaranin ga perlu bawa dompet, jadi bawa uangnya aja taruh di kantung jaket misalnya, ga di tas tangan barangkali kecopet. Sama halnya dengan paspor atau kartu identitas lainnya, tinggalin aja di loker yang kekunci. Jadi di tas tangan ceweknya cuma isi payung, air minum, tisu, hand sanitizer, dan perintilan lain ala cewek.

3. Tempat Tinggal

Nebeng! Untuk mahasiswa yang punya banyak teman di dalam dan luar negeri, jangan malu untuk nebeng di tempat temen, meskipun cuma buat tidur di sofa ataupun kasur anginnya. Hemat biaya tempat tinggal berlipat-lipat. Jangan lupa courtesy soal jam pulang misalnya, atau bawa oleh-oleh dari tempat asal.

Pilihan lainnya adalah hostel. Jangan ragu untuk sharing kamar dengan yang lain, nambah kenalan. Hostel juga punya fasilitas shared kitchen dan laundry, yang oke banget untuk backpackers. Tips: siapin detergen barangkali laundry-nya ga punya detergen.

4. Makanan

Masak bareng di rumah temen emang paling asik
Masak bareng di rumah temen emang paling asik

Selain cobain makanan khas tempat tujuan, bisa juga beli makanan setengah jadi di supermarket yang gampang diangetin di microwave yang ada di hostel atau masak sekalian! Sebelum belanja bahan masakan, cek di tempat tinggal ada peralatan apa aja (baik nebeng tempat temen ataupun hostel) dan sesuain masakannya. Ada yang nyaranin juga bawa abon atau rendang yang udah dipaket gitu (jadi bisa lewat imigrasi), jadi enak buat dimakan pakai roti atau apapun yang kepikiran.

5. Foto

Selalu photoready dengan pocket camera di kantong
Selalu photoready dengan pocket camera di kantong

Kamera DSLR emang oke buat foto, tapi ukurannya cukup bikin repot kalau lagi travelling ala backpacking. Jadi lebih baik pakai kamera digital yang bener-bener ukuran pocket jadi bisa masuk kantong. Siap capture momen-momen ga terduga dengan cepat juga. Ada juga tripod super mini favorit Indah dari Daiso yang ada di tas atau tongsis lah kalo mau. Selain itu, kamera pocket mudah dibawa untuk kegiatan outdoor, seperti hiking ataupun naik sepeda.

6. Lain-lain

Kalau memang “tanggalnya”, siapin bawa pembalut secukupnya, sisanya bisa beli di supermarket di tempat tujuan. Bawa potongan-potongan kecil obat penting kaya paracetamol, obat maag, flu, dan obat masuk angin! Jalan-jalan kan ya, angin dimana-mana… (pengalaman). Bawa juga gembok untuk backpack nya, sama goody bag yang bisa dilipet.

that is what friends are for
that is what friends are for

Ada saran lagi? Atau ada pengalaman seru pas backpacking? Komentar di bawah ya!

Advertisements

3 thoughts on “6 Tips Backpacking ala Cewek”

  1. Tapi kalo milih hostel mesti siap2 ketemu makhluk2 ajaib sih.. Dan lebih aman milih yg female dormitory room, soalnya kalo mixed bisa ended up surround by random guys, you’ll never know.

    Dan ga usah bawa ganti kerudung tiap hari! Siasati dgn kerudung yg polanya beda, atau gaya pakenya beda, biar irit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s