Pengalaman Magang di Houses of Parliament UK


Karena ga boleh foto sendiri, Indah tunjukin foto dari media yang udah dipublish. Waktu Indah dateng kemarin kosong ko ruangannya. Hehe
House of Lords. Karena ga boleh foto sendiri, Indah tunjukin foto dari media yang udah dipublish. Waktu Indah dateng kemarin kosong ko ruangannya. Hehe (credits: Huffington Post)

Minggu lalu, Indah post pengalaman hari pertama magang di Houses of Parliament UK dan janji akan post cerita lebih lengkapnya. Mudah-mudahan bisa terus saling berbagi 🙂

Kesan pertama dari kerja di Houses of Parliament UK adalah sekuriti-nya yang ketat banget. Briefing minggu sebelumnya dikasih tau apa yang ga boleh di bawa, kegiatan atau ruangan apa aja yang boleh difoto, dan sebagainya. Awalnya heran, tapi terus tepok jidat sendiri, ya iyalah, ini salah satu lokasi dengan standar keamanan tertinggi, selain U.S. Capitol atau White House. Gedung Houses of Parliament, atau yang lebih dikenal dengan Palace of Westminster atau Big Ben dibangun pada zaman Queen Victoria tahun 1840 setelah hancur dalam kebakaran besar. Hall of Westminster, ruangan tertuanya selamat sejak pertama dibangun tahun 1016.

Hall of Westminster, ruangan paling tua di Houses of Parliament. Sekarang untuk keperluan publik.
Hall of Westminster, ruangan paling tua di Houses of Parliament. Sedang banyak proyek pemeliharaan dan terbuka untuk publik.

Tugas Indah kemarin banyak terlibat di Commonwealth Parliament Association, organizing International Parliamentary Conference “The Growth for Development: The Role of Parliamentarians in Managing Economic Growth for Equitable Development” yang berlangsung selama seminggu. Anggota parlemen dari berbagai negara persemakmuran dan non-persemakmuran berdiskusi tentang isu-isu tentang pembangunan berkelanjutan, kebangkitan ekonomi Asia, sampai tentang transparansi. Fasilitator dan speaker-nya mulai dari Muhammad Yunus, peraih Nobel Perdamaian dan pendiri Grameen Bank, Jeffrey Sachs, Special Adviser to UN Secretary General Ban Ki Moon untuk MDGs, sampai Dr. David Hudson, akademisi Dr David Hudson dari School of Public Policy UCL.

Commonwealth Parliament Association Office
Commonwealth Parliament Association Office

Selain itu, kita ada private tour keliling parlemen, dapat akses ke ruangan-ruangan House of Lords, House of Commons, sampai ruang ganti Ratu sebelum pidato kenegaraan. Sayangnya semua ruangan itu ga boleh difoto, tapi luar biasa bersyukur bisa jadi saksi hidup dan belajar langsung dari tempatnya. Selama di sana, semua pelajaran tentang sistem politik yang dipelajari sejak SMA rasanya “crystal clear”, like I am seeing with the new eyes.

Beberapa sesama mahasiswa UCL dan intern di Houses of Parliament. Thanks to Obaa Akua (Ghana), Sheena Li (Canada) :D
Beberapa sesama mahasiswa UCL dan intern di Houses of Parliament. Thanks to Obaa Akua (Ghana), Sheena Li (Canada) 😀

Sebagai mahasiswa S2 Development Administration and Planning, kesempatan belajar sambil magang di Houses of Parliament sangat berharga. Kita dihadapkan dengan kenyataan, tentang hambatan kebijakan-kebijakan pembangunan yang dihadapi para anggota parlemen di negara-negara lain, tentang kesempatan dari kerjasama, dan juga passion dari mereka-mereka untuk terus mendorong perubahan di negara masing-masing.

Salah satu sesi diskusi dalam International Parliamentary Conference
Salah satu sesi diskusi dalam International Parliamentary Conference

Pastinya pengalaman ini membuat pengalaman S2 Indah makin kaya, dan mudah-mudahan makin bijak dalam belajar dinamika pembangunan (cieeh). Terima kasih buat semua yang baca blog post ini, semoga sukses di bidang masing-masing! 🙂

Advertisements

11 thoughts on “Pengalaman Magang di Houses of Parliament UK”

  1. halo kak Indah.. terimakasih sudah share :))
    mau tanya kak, tentang pengalaman kakak disana terkait kak Indah yg berhijab hehehe. (btw saya juga memakai jilbab, & belum pernah pergi keluar negeri) sharing dong kak.. tirmakasi sebelumnya :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s