Tanya Jawab Daftar S2 di Luar Negeri


Gimana caranya daftar S2 di luar negeri? Apa aja persyaratannya?

Hai guys, setelah Indah sharing tentang pengalaman daftar S2 di luar negeri, banyak yang bertanya via Facebook message atau vwhatsapp. Pertanyaannya kebetulan banyak yang mirip-mirip. Jadi di artikel ini Indah akan buat semacam Frequently Asked Question (FAQ) yang isinya tanya jawab pertanyaan-pertanyaan umum seputar daftar S2 ke luar negeri. Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman yang sama-sama akan kuliah di luar negeri, seperti A.S., Belanda, Australia, Jepang, dll. Meskipun terbatas, mudah-mudah bantu jawab pertanyaan-pertanyaan kalian ya!

 Kapan waktu pendaftaraan S2 di luar negeri?

Untuk perkuliahan yang dimulai bulan Agustus/September, biasanya masa pendaftaran dimulai bulan November-Maret. Nyamannya kita daftar secepatnya karena kita bisa dapat result secepatnya dari universitas apakah kita diterima atau engga. Kelebihannya: 1) kampus tujuan bisa cepat me-review aplikasi kita, yang artinya kita bisa dapat result dari aplikasi kita lebih cepat, 2) kita bisa bisa move on ke persiapan selanjutnya, misalnyamedical check up dan terjemahin dokumen-dokumen untuk daftar visa.

 Dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk daftar S2 di luar negeri?

  • transkrip dan ijazah S1 yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah
  • hasil tes TOEFL/IELTS. Untuk di negara Persemakmuran Inggris (misalnya di Inggris, Kanada, Australia, Singapura, Selandia Baru, IELTS yang paling direkomendasikan)
  • 2 atau 3 surat rekomendasi
  • statement of purpose/esai terkait

 Syarat skor sertifikat TOEFL/IELTS-nya berapa?

Skor TOEFL/IELTS tergantung jurusan dan universitas tujuan. Note: setelah 17 April 2014, UK Visas and Imigration sudah menolak TOEFL sebagai salah satu sertifikat kualifikasi Bahasa Inggris yang diterima. Sebagai pertimbangan, ini syarat skor minimal dari UCL untuk jurusan-jurusan tertentu.

Standard level: Overall grade of 6.5 with a minimum of 6.0 in each of the subtests. (for Engineering Sciences, Built Environment,

Good level: Overall grade of 7.0 with a minimum of 6.0 in each of the subtests (Management, Psychology, Life Science, Economics, Statistics, European Studies)

Advanced level: Overall grade of 7.5 with a minimum of 6.5 in is each of the subtests (Arts and Humanities, Law, Medical School, History, Language)

Untuk perbandingan skor TOEFL dan IETLS, bisa dilihat di sini  

Surat rekomendasi dari siapa?

Sebaiknya dari dosen yang telah mengenal kita secara akademik, seperti dosen pembimbing, dosen yang pernah dibantu riset, atau Ketua Jurusan/Departemen. Akan lebih baik jika dosen tersebut memiliki reputasi nasional/internasional, contohnya Ketua Pusat Kajian atau Rektor.

 Saya sudah memenuhi syarat, lalu untuk daftarnya bagaimana?

Sebagian besar universitas sudah menerapkan pendaftaran online. Cek halaman admission atau saat kita ke halaman web jurusan/departemen yang kita tuju, ada button untuk “Apply”. Di situ biasanya kita akan diarahkan untuk membuat akun pendaftaran dan memulai tahap-tahap aplikasi yang harus dipenuhi, seperti upload dokumen-dokumen, dll.

Admission Page Portland State University, A.S.
Admission Page Portland State University, A.S.

 Apa itu admission fee?

Sebagai proses administrasi, biasanya kita diminta untuk membayar admission fee atau biaya pendaftaran sebesar 50-100 USD atau lebih atau justru gratis tergantung kebijakan universitas tujuan. Jika ada persyaratan demikian, kita diminta untuk melakukan transaksi via kartu kredit. Kalau kita tidak punya kartu kredit (saya juga ga punya XD), kita bisa minta pinjam kartu kredit orang tua, saudara, atau teman yang baik hati. Jangan lupa simpan bukti bayarnya (dikirimkan via email, atau kita screen capture)

 

Contoh Ketentuan Application Fee University College London
Contoh Ketentuan Application Fee University College London, UK

Kapan kita dapat pengumuman dari aplikasi kita?

Untuk di Inggris biasanya kita sudah bisa dapat decision apakah  kita diterima atau engga setelah 2-6 minggu dari diterimanya aplikasi kita. Untuk di A.S., menurut pengalaman teman-teman bisa lebih lama.  Kita bisa lihat pengumumannya via account yang kita buat di web universitas masing-masing. Nanti kita juga akan dikirimkan versi fisiknya ke alamat rumah masing-masing.

LoA itu apa?

LoA itu singkatan dari Letter of Acceptance, yaitu surat pengumuman bahwa kita diterima di jurusan dan universitas yang kita tuju. Bisa disebut juga Offer Letter, karena sebenarnya kita “ditawarkan” tempat oleh universitas, yang bisa kita tolak, terima, atau tunda untuk tahun ajaran berikutnya (atas alasan tertentu).

 Setelah dapat LoA, lalu apa yang harus dilakukan?

Dalam jangka waktu tertentu kita harus memberikan konfirmasi ke universitas untuk Accept, Reject, atau Defer (tunda) Offer dari universitas tersebut sampai batas waktu tertentu. Setelah kita Accept, kita bisa lanjut ke proses berikutnya sesuai petunjuk dari universitas. Kalau kita daftar ke beberapa universitas dan mendapat offer dari semuanya, pikirkan baik-baik mana universitas yang akan kita Accept. Karena kalau kia sudah Accept, kita sudah selangkah masuk ke universitas itu dan memiliki kewajiban pembayaran dll. Jangan sampai kita malah respon Accept ke banyak universitas yang masa studinya bersamaan, kecuali kita Hermione Granger. Hehe.

 

Contoh portal untuk Accept/Reject Offer Letter dari Universitas
Contoh portal untuk Accept/Reject Offer Letter dari University of Sussex, UK

Tips:

  • Semua informasi ini bersifat umum, silakan cek kembali website universitas untuk informasi spesifik.
  • Luangkan waktu untuk cari tahu tentang jurusan/universitas yang kita mau karena prosesnya lama.
  • Ada baiknya kita buat list prioritas 3-5 universitas yang kita mau daftar, jadi ada alternatif. Ingat juga dengan konsekuensi biaya pendaftaran yang akan muncul.
  • Harus kerja mandiri, banyak inisiatif untuk cari tahu sendiri untuk penambah wawasan, baru konsultasi ke orang lain. Jangan sampai ada informasi yang terlewat.

Semoga berhasil! Cheers xoxo

 

 

Advertisements

30 thoughts on “Tanya Jawab Daftar S2 di Luar Negeri”

  1. Aslm mba Indah..mau nanya nih 🙂
    Kalau misalnya nih,kita udah keterima beasiswa LPDP, terus kita nanti harus ikut ujian masuk di univ tujuan juga? Atau kalo udah dapet LOA itu artinya udah ngga perlu ikut ujian masuk lagi? Makasih ya mba..

    1. Halo Damailia,
      1. Kalau kita udah keterima beasiswa LPDP, kita harus ikut ujian masuk universitas tujuan ga?
      Iya, karena beasiswa LPDP dan admission ke universitas itu dua hal yang berbeda, dan kita harus daftar dan mengurus berkas2nya sendiri.

      2. Kalo udah dapet LOA artinya udah ga perlu ikut ujian masuk lagi?
      Ujian masuk apa nih maksudnya? Kalau udah dapet LOA, itu artinya kan kita udah diterima universitas tujuan, berarti kita sudah ngelewatin “ujian” apapun namanya itu kan. Berarti iya, ga perlu ikut ujian masuk lagi. Nah yang dimaksud “ujian” di sini, beda sama kaya yang di Indonesia, karena mungkin ga pakai tes yang model examnination, tapi pakai esai-esai, atau submit portofolia untuk jurusan arsitek atau seni, atau proposal riset, tergantung jurusannya. Jadi silakan cek website departemen masing-masing yang mau dituju.

      Semoga membantu ya.

    1. Tidak semuanya. Indah daftar ke University of Sussex tidak ada biaya admissionnya. yang seperti UCL, University of Nottingham, dll menerapkan biaya 25-75 poundsterling.

  2. Ibu Puspa, apakah kita sebagai pelamar S2 di Universitas yang ada d Inggris harus terlebih dahulu mempunyai desain atau proposal Thesis sebelum berangkat ke sana..? terimakasih

    1. Pada umumnya ga perlu ada proposal thesis, tapi kita diminta untuk membuat Letter of Motivation/Motivation Letter 1-2 halaman atau semacamnya yang berisi tentang motivasi kita untuk kuliah di tempat itu, brief tentang research interest kita, dan alasan kenapa kita layak untuk diterima di program itu.
      proposal riset lebih untuk S3.

  3. Aslkm mb Indah, sy Lilis salam kenal 🙂
    Sy tertarik utk lanjut S2 di UCL dan dftr LPDP. Sy mau tanya, kalau sy cari LoA dahulu baru daftar LPDP, apakah fee admission yg sudah sy kluarkan sblm daftar LPDP akan diganti oleh LPDP? Terimakasih.

    1. Halo Lilis, salam kenal. Baik LOA nya didapat sebelum atau sesudah dapet LPDP, nanti admission fee nya akan direimburse oleh LPDP. Simpan aja bukti pembayarannya karna diperlukan untuk mengajukan dana.

  4. assalamu’alaikum mbak indah, aku dewi dari padang
    salah satu prepare kita mau s2, kita kan harus transkip nilai dr indo-inggris, nah translite nya itu ke jurusan kita atau ke penerjemah tersumpah kata mbak tadi “transkrip dan ijazah S1 yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah”
    penerjemah tersumpah itu apa ya?
    thanks mbak 🙂

    1. Halo Dewi, penerjemah tersumpah itu maksudnya penerjemah yang tersertifikasi terjemahannya dan biasa digunakan untuk dokumen-dokumen berharga/resmi. Harganya bisa dari 75.000-300.000 per halaman. Coba cari di google daftar penerjemah tersumpah / sworn translator di dekat kamu.

  5. Thank you, Indah for sharing.

    Saya baru mengunjungi stand UCL di Jakarta tahun kemarin dan mereka bilang ada jurusan Education, yang membingungkan adalah nama departemennya Institute of Education UCL, apakah jurusan ini baru di UCL atau bagaimana ya, Indah? Saya tertarik dengan Educational field makanya sedang mencari sekolah yang bagus. Mohon pencerahannya.

    Terimakasih.

    1. Halo Mega, iya memang UCL ada jurusan Education, nama fakultasnya Institute of Education UCL. Sebelum tahun 2015, Insitute of Education merupakan universitas terpisah, tetapi sekarang sudah diakuisisi oleh UCL, jadi mendapatkan semua kualitas dan pelayanan UCL.

  6. Hai Mbak Indah, aku tertarik juga untuk kuliah di UCL jurusan MSc telecomunnication with business. kalo untuk tahap penerimaannya sendiri apakah ada interview juga ya mbak?

    1. Biasanya ga ada. Cuma beberapa teman yg daftar MSc Management yang di i terview. Kalau diinterview nanti mereka hubungi via email dan nanti kita mengatur jadwal untuk interview via skype.

      1. oh begitu ya, mungkin tergantung dengan profile kitanya juga ya.. kalo boleh minta saran, dalam buat essay di UCL gimana ya mbak? 😀

  7. Assalamualaikum mba Indah, perkenalkan saya Fitri. Saya tertartarik untuk melanjutkan S2 dengan bidang studi pembangunan, namun yang arahnya pada pembangunan masyarakat atau rural area, karena background S1 sebelumnya Pembangunan Sosial. Saya lihat mba indah juga ambil study pembangunan, apakah mba indah bisa memberikan saya informasi kampus-kampus di Inggris yang memiliki jurusan seperti yang saya cari tsb? terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s