Beasiswa LPDP untuk Kita, Pemimpin Muda Indonesia!


“Karena dengan pendidikan, rakyat berdaulat” – Moh. Hatta

Pertama kali dengar tentang LPDP itu bulan September 2013. Langsung tertarik dengan ide pemerintah Indonesia untuk menyediakan beasiswa penuh untuk S2 dan S3 di dalam dan luar negeri dengan cita-cita untuk menyiapkan pemimpin masa depan Indonesia. “Wah, Indonesia ingin menciptakan Habibie – Habibie baru”, begitu Indah pikir. Dan  rasanya semangat langsung terbakar, “Gue harus menjadi bagian dari gerakan baru pembangunan Indonesia” . Dan mulailah perjalanan Indah bersama LPDP sampai sekarang… Mau tau lebih jauh tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia dari LPDP? Yuk scroll down and share.. 😀

Beasiswa apa saja yang diberikan LPDP?

LPDP menyediakan beasiswa Master dan Doktoral untuk di dalam dan luar negeri. Daftar universitas luar negeri yang dipilih mengacu pada Top 200 QS World University Ranking, atau bisa juga dilihat di list ini. Selain itu, LPDP juga memberikan beasiswa untuk tesis dan disertasi mahasiswa di dalam ataupun luar negeri.

Gimana cara daftarnya?

Semua pendaftaran LPDP online. Yuk bikin account dulu di portal ini, usahakan daftar dengan alamat email Gmail karena untuk komunikasi milis awardee dan direksi kalau diterima nanti (amin) akan berbasis Google. Belum yakin mau daftar sekarang? Gapapa, buat account dan isi data-data saja dulu, data akan diproses kalau semua data dan dokumennya sudah lengkap.

Daftar LPDP bisa sebelum atau sesudah diterima di universitas tujuan. Jadi ga perlu nunggu daftar ataupun pengumumuman penerimaan universitas (atau kalau dari universitas luar negeri istilahnya, sudah dapat Letter of Acceptance atau Offer Letter) untuk daftar LPDP. Nanti, kalau sudah diterima LPDP, LPDP akan memberikan waktu satu tahun untuk mendapatkan LoA dari universitas tujuan. Yang jelas, ketika daftar LPDP harus sudah punya ijazah dan transkrip dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 untuk daftar S2, S2 untuk daftar S3).

Kebetulan Indah daftar S2 duluan sebelum daftar LPDP karena daftar S2 bisa sebelum punya ijazah 🙂

Yeah, baru hari pertama udah bisa sharing tentang gimana caranya kenal dengan orang banyak dalam waktu singkat. Good job, guys!
Beberapa teman-teman penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia dari LPDP di Angkatan PK 13

Apa syarat-syaratnya?

Ini syarat-syarat untuk beasiswa program magister/doktor, serta program tesis/disertasi. 

Apa saja tahap seleksinya dan kapan pengumuman hasil seleksinya?

Kita bisa daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia sepanjang tahun karena berkas pendaftar akan di-review setiap 3 bulan, sekitar bulan Maret, Juni, September, Desember. Ada tiga tahap seleksi, yaitu 1) seleksi dokumen, 2) wawancara dan LGD (leaderless group discussion), dan 3) pelatihan kepemimpinan. Ini dia referensi jadwal seleksi beasiswa LPDP tahun 2014. Biasanya pengumuman per tahap adalah 21 hari kerja setelah seleksi administrasi atau 10 hari kerja setelah seleksi wawancara.

Khusus tentang Pelatihan Kepemimpinan ini, Indah akan insyaAllah akan buat postingan sendiri karena there’s so much story and lesson learned to tell, mulai dari rasa nasionalisme yang dibangun, bertemu dengan pemimpin-pemimpin muda Indonesia yang hebat, sampai persahabatan yang sangat menyentuh hati. Penasaran? Liat foto-fotonya aja dulu yak 😀

Yak, Ibu Tri Mumpuni dari IBEKA, sang pahlawan mikrohidro untuk desa-desa jadi salah satu pembicara di PK 13
Yak, Ibu Tri Mumpuni dari IBEKA, sang pahlawan mikrohidro untuk desa-desa jadi salah satu pembicara di PK 13
Sesi Outbond dan Rafting di Citarik
Sesi Outbond dan Rafting di Citarik
Social Creative Contribution di daerah Bantar Gebang. Bekasi
Social Creative Contribution di daerah Bantar Gebang. Bekasi

Apa saja yang ditanggung oleh beasiswa LPDP?

  • biaya pendaftaran universitas (reimburse)
  • matrikulasi (at cost)
  • SPP (tuition fee – universitas akan mengirimkan invoice ke LPDP)
  • tunjangan buku (per tahun)
  • seminar internasional (at cost)
  • tesis/diserasi (penelitian dan ujian)
  • publikasi jurnal internasional (at cost)
  • keadaan darurat (at cost)
  • transportasi (tiket PP economy class via reimburse atau melalui agen tiket LPDP)
  • asuransi kesehatan (at cost)
  • visa (untuk penempatan luar negeri)
  • hidup bulanan (living allowance)
  • tunjangan keluarga
  • biaya kedatangan (settlement allowance – berdasarkan kota tujuan)
  • insentif peringkat universitas

Tentang LPDP…

LPDP bukan hanya sebagai scholarship provider loh.  Lembaga yang dinaungi Kementrian Keuangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementrian Agama ini memiliki program-program pendidikan yang meliputi:

  1. Program beasiswa,
  2. program pendaan riset,
  3. program rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam,
  4. pengelolaan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional.

Mengenai program-program ini, di salah satu sesi Pelatihan Kepemimpinan, kami pernah ditantang untuk membangun” sebuah LPDP. Jika kita diberi amanat oleh Presiden dengan dana abadi sekitar 16 T dengan misi untuk melahirkan lulusan S2 dan S3 yang dalam jangka waktu 10-30 tahun akan menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia, sementara dana itu harus dikelola dengan sustainable, apa yang akan kita lakukan? Saat itu, rasanya kita jadi para Menteri, memikirkan nasib 240 juta bangsa ini..

Kita ditantang untuk "membuat" LPDP dengan dana abadi 16,7 T! Bisa?
Kita ditantang untuk “membuat” LPDP dengan dana abadi sebesar 16 T! Bisa?

Intinya, kita jadi belajar banyak sebagaimana niat luhur pemerintah harus dibarengi dengan eksekusi yang luar biasa pula. Tentu saja upaya tersebut tidak mudah, dan kita harus mengapresiasi setiap upaya dan memberi masukan agar salah satu agenda pembangunan jangka panjang ini dapat terlaksana untuk seluas-luasnya kemakmuran rakyat.

Sebuah jalan panjang Indah bersama LPDP pun telah dimulai. Sebagai salah satu penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia angkatan PK 13, Indah insyaAllah akan berangkat untuk S2 jurusan Development Administration and Planning di University College London pada September 2014 ini. Dan perjalanan panjang Indah bersama LPDP dimulai di sini. Bagaimana dengan kamu?

Advertisements

12 thoughts on “Beasiswa LPDP untuk Kita, Pemimpin Muda Indonesia!”

  1. Halo kak selamat untuk beasiswanya ya dan penerimaannya ke London, kenalkan saya mahasiswa UI juga dan insya Allah lulus tahun depan dan ngincer LPDP juga nih (btw saya juga ngincer UCL hehe semoga bisa nyusul)

    Mau nanya kak, kalo beasiswa LPDP ada kuota mahasiswa yang diterima nggak sih? Oh ya terus untuk LGD, poin yang dinilai apa ya, apakah inisiatif kita untuk ngambil peran jadi pemimpin di diskusi atau dari isi diskusinya? Ceritanya mau persiapan mateng segala aspek dari sekarang nih haha, makasih kak semoga ada waktu membalas

    1. Dear Hafiz, mohon maaf kemarin sudah libur lebaran jadi off internet. wufwuf..
      1. LPDP ga ada kuotanya, setiap peserta akan bersaing dengan dirinya sendiri sesuai dengan kualitas yang dicari LPDP. Tentunya kualitasnya harus holistik ya.
      Kualitas yang dimaksud: kecakapan akademis, kecakapan bahasa asing, kemampuan leadership, integritas, nasionalisme, dll.
      2. LGD kan “leaderless”, mencari orang yang bisa memberikan solusi, kritis, tetapi juga ga mendominasi. kuncinya insyaAllah itu dari pengalaman banyak orang.

  2. Hi mbak indah,

    Salam kenal dari PK 14, kebetulan saya juga lanjut s2 ke luar negeri. Smmari kita bersama sama membangun indonesia, karena keteladanan dan pengabdian layak untuk diapresiasi.

    Anyway, mbak indah ambil jurusan apa dan univ mana ? 🙂

  3. Bismillaah.bagaimana kabarnya?sudah lama tak brjumpa,masih ingatkan dengan sy?terakhir bertemu di SMA boarding school lembang tahun 2008,sekarang sdng di inggris y?hebat,sukses selalu utk mu .

  4. Halo mbak, salam kenal..
    mbk dari cirebon ya? sekarang sedang di cirebon atau masih di London?
    saya amie, dari Indramayu. baru lulus seleksi administrasi. pengen banget meet up sama awardee di Cirebon tapi nyari awardee di sini susah banget.. hihi gak ad grup.daan baca artikel ini seneng rasanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s