Dari Depok ke London: Kisah Lulus Telat dan (InsyaAllah) Langsung S2


Dream, fight forward, and live passionately.

Indah bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada keluarga, teman-teman, dan semua pihak yang selalu mendoakan dan mendukung Indah selama ini. Semoga keluarga dan teman-teman selalu dilancarkan segala jalan hidupnya, dan cita-citanya pun tercapai. Amin..

From Depok to London, from Universitas Indonesia to University College London
From Depok to London, from Universitas Indonesia to University College London

Berawal dari semangat untuk lanjut S2 di luar negeri tahun 2015, Indah sempat kecewa berat (dan guling-guling di kasur :P) karena saat Juni 2014 disarankan untuk menunda sidang skripsi karena memang risetnya belum siap. Tentunya banyak hikmah dibalik lulus telat itu, termasuk merenungkan kembali makna kehidupan. Tapi yang buat ketar-ketir adalah apakah masih sempat mengejar pendaftaran S2 untuk tahun 2015 ketika Februari 2015 baru wisuda?

Hasil survey sana-sini dapat kesimpulan bahwa pendaftaran S2 umumnya adalah November-Februari/Maret setiap tahun untuk intake September. So, I put myself on a high bar. Untuk mengejar timeline itu, Indah HARUS sudah lulus bulan November untuk bisa mengejar pendaftaran S2. Oktober sidang skripsi, dan Alhamdulillah lulus!

Universitas Mana?

Untuk proses ini, Indah banyak dibantu oleh pembimbing, guru, sekaligus mentor, Indah, Mba Suzie Sudarman, M.A. Ini pertimbangan Indah saat diskusi mengenai universitas:

  • Lokasi : Kota besar di English-speaking country (biar ga susah belajar bahasa lagi :P)
  • Jurusan : Pembangunan Internasional, yang berbasis ekonomi-politik-sosial (ga semua jurusan Pembangunan, orientasinya Politik, ada yang orientasinya lebih ke Ekonomi atau Antropologi-Sosiologi)
  • Lainnya : Top 200 University QS World University Ranking (I don’t judge university by ranking, tapi biar termasuk daftar universitas beasiswa LPDP)

Gimana cara daftar S2 di luar negeri?

Setelah tahu jurusan dan universitas apa yang dituju, baru deh kita siapkan pendaftaran dan berkas-berkas yang diperlukan. Setiap universitas mungkin punya standar yang berbeda, silakan cek di website di bagian admission universitas tersebut, tetapi ini intinya:

  • Statement of Purpose (Isinya tentang rencana studi, riset apa yang akan dilakukan, mengapa memilih universitas/jurusan/program tersebut)
  • Reference Letter/Letter of Recommendation (biasanya perlu dua dari dosen yang kenal baik rekam jejak akademik kita di kampus. Contoh: dosen pembimbing, Ketua Jurusan, Dekan, ataupun salah satunya dapat dari atasan tempat bekerja jika sudah bekerja.
  • IELTS/TOEFL iBT (sertifikasi bahasa Inggris. Untuk daftar di Inggris dan negara persemakmuran, seperti Singapura dan Australia, biasanya mensyaratkan IELTS dengan skor overall minimal 6.5; TOEFL iBT biasanya untuk ke U.S. atau yang lainnya dengan skor minimum 92. Sebagian program mensyaratkan skor lebih tinggi, cek lagi syarat di jurusan tersebut yah).
  • Academic Transcript (kalau sudah lulus, pakai transkrip akhir, kalau belum lulus bisa menggunakan semacam Daftar Nilai Sementara dari universitas asal).
  • Admission Fee (Biaya pendaftaran yang dibayar online dengan kartu kredit. Bisa ada ataupun tidak, harganya pun beragam, siapkan dana kira-kira 50-100 USD untuk satu universitas).

Cek lagi semua syarat umum dan khusus di universitas tujuan, serta batas akhir pendaftaran dan kapan pengumumannya 🙂

Akhirnya Indah daftar ke tiga universitas di bulan Januari: Carleton University (Kanada), University of Sussex (UK), dan University College London (UK). Pengumuman diterima sekitar bulan Februari  untuk Sussex dan UCL, Alhamdulillah yeay! Pas banget waktunya wisuda 4,5 tahun 🙂

Wisuda UI Februari 2014 bersama keluarga dan sahabat
Wisuda UI Februari 2014 bersama keluarga dan sahabat

Maret baru punya ijazah dan transkrip S1, barulah bisa daftar beasiswa LPDP!

Beasiswa LPDP What and Why

Pertama kali denger beasiswa LPDP pas di UI Career and Scholarship Expo tahun 2013, langsung “panas”, tambah semangat karena ada satu lagi program beasiswa yang men-cover semua biaya kuliah dan biaya hidup untuk program Master dan Doktoral dalam dan luar negeri. Apalagi, LPDP bercita-cita untuk “mewujudkan cita-cita anak bangsa untuk kepemimpinan esok hari”. Suatu kebijakan yang mulia dari pemerintah Indonesia.

Alhamdulillah..setelah tes administrasi dan wawancara bulan Maret, April sudah ada pengumuman lolos! :’)

Ini dia yang ditanggung beasiswa LPDP:

  • biaya pendaftaran universitas
  • matrikulasi
  • SPP (tuition fee)
  • tunjangan buku
  • seminar internasional
  • tesis/diserasi (penelitian dan ujian)
  • publikasi jurnal internasional
  • keadaan darurat
  • transportasi
  • asuransi kesehatan
  • visa (untuk penempatan luar negeri)
  • hidup bulanan (living allowance)
  • tunjangan keluarga
  • biaya kedatangan (settlement allowance)
  • insentif peringkat universitas

Indah akan tulis lebih lengkap tentang beasiswa LPDP ini di postingan selanjutnya.

Setelah ikut tahap terakhir dari seleksi beasiswa ini, yaitu Pelatihan Kepemimpinan, Indah semakin mantap dengan misi LPDP untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia 🙂

Saat Pelatihan Kepemimpinan LPDP, diberi penghargaan untuk "Resume Kunjungan Tokoh Terbaik" oleh Direktur Utama LPDP, Pak Eko Prasetyo.
Saat Pelatihan Kepemimpinan LPDP, diberi penghargaan untuk “Resume Kunjungan Tokoh Terbaik” oleh Direktur Utama LPDP, Pak Eko Prasetyo.

Indah insyaAllah Indah akan berangkat ke London bulan September 2014 untuk studi MSc Development Administration and Planning di University College London selama setahun! Indah masih ngurus-ngurus visa, mohon doanya agar semuanya lancar! Amin..

Advertisements

26 thoughts on “Dari Depok ke London: Kisah Lulus Telat dan (InsyaAllah) Langsung S2”

  1. Selamat ya Ka Indah, sukses untuk study nya dan semoga 10 tahun lagi bisa liat Indah jadi Gubenur Jawa Barat 🙂 *Cheerss

  2. Woow, inspiratif bgt tulisan2nya kaak. Kakak luar biasa bgt. Saya sendiri insyaAllah baru mulai kuliah di jurusan n almamater kakak awal agustus ini. Semoga saya bisa ngikutin jejak kakak yaa 😀

    1. Wah.. selamat datang di HI UI 🙂 Mudah2an sempet bertemu sebelum Indah berangkat ke UK yah bulan September ini. Coba kamu masuk angkatan sebelumnya, bisa saya asdosin hahaha…

  3. Indah salam kenal yaa btw untuk Carleton ny waktu itu apa kabar? Aku ingin ikut lpdp dan daftar di Carleton 🙂 makasih infonya Indah, sukses selalu!

  4. 4.5th itu masih dlm batas wAjar. jgn di dramatisir klo 9 semester sudah seperti mahasiswa abadi… bnyak angkatn 2010 ke bawah yg masih berjuang untuk sidang skripsi…

    tapi bisa english dan di terima beasiswa itu baru suatu capaian yg keren … tetap strugle girls … 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s