Sidang Skripsi 7 Hari Lagi! Any tips?


Sidang skripsi 7 hari lagi!

Akhirnya skripsi Indah selesai juga dan siap untuk sidang akhir. Awalnya ga nyangka juga bisa dalam keadaan deg-degan nunggu sidang. Selama satu semester kemarin, yang dipikirin cuma: ini bisa engga selesain skripsi?  Hahaha..

judul skripsi Indah buat sidang tanggal 28 Oktober 2013
judul skripsi Indah buat sidang tanggal 28 Oktober 2013

Perjalanan membuat skripsi ini banyak jatuh bangunnya. Apalagi sekarang kalau semuanya lancar, Indah akan di wisuda tanggal 8 Februari 2014 (meskipun sidangnya di tengah semester, bukan di akhir), tepat 4,5 tahun dari pertama kali Indah menginjakkan kaki di Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Indonesia.

Ini karena Indah baru bisa mulai buat skripsi di semester 8. Sebagian karena waktu semester 5 Indah sempat ikut dua kali pertukaran pelajar ke A.S. dan Singapura. Sebagian lagi Indah harus akuin kesulitan untuk bisa mensintesis hasil penelitian dengan pendekatan yang jarang sekali dipakai di HI sekarang. Maksudnya pembimbing, Indah harus bisa menulis kasus yang sama sekali baru, dan analisis yang sangat tidak biasa. Jadilah, ketika teman-teman seangkatan sidang bulan Juni-Juli lalu, Indah belum bisa.

You know how it feels when you think you’re left behind. Sempet sangat down juga. Indah pikir, dengan semua perjuangan belajar dan prestasi selama kuliah, kenapa sulit banget untuk lulus?

So I took two months off during July-August. Kembali ke rumah di Cirebon, menyibukkan diri dengan kegiatan keluarga dan kembali ke alam. Rasanya dari situ Indah bisa memikirkan kembali jalan hidup ini. Hikmahnya, Indah memang harus belajar lebih banyak dan berdedikasi lebih banyak dengan tulisan Indah supaya kalau Indah yakin dengan jalan Indah untuk fokus di bidang akademik dan riset, Indah punya karya tulis yang masterpiece. Juga, Indah “diberi waktu” untuk mempersiapkan lebih baik untuk melangkah ke tahap kehidupan selanjutnya: melanjutkan kuliah S2 di luar negeri, kerja, penelitian, ataupun “hal yang lebih pribadi”. You know what 🙂 

Kembali ke alam, main di sawah bersama adik
Kembali ke alam, main di sawah bersama adik di Garut

 

Ternyata liburan itu ada manfaatnya juga. You can take a distance with your writing, so you can comeback with a critical judgement on you own work. It works 🙂 Ketika awal September kembali buka laptop dan baca skripsi sendiri, akhirnya tahu kalau saran dan kritik dari pembimbing itu memang benar adanya.

So, this is it! Indah akan membedah dan mempertahankan skripsi Indah yang berjudul “Kebijakan Global Amerika Serikat dalam Trans-Pacific Partnership (2009)” pada tanggal 28 Oktober 2013 nanti di depan empat penguji. Kalau ada yang baru dengar tentang Trans-Pacific Partnership (TPP), singkatnya itu inisiatif untuk kerjasama ekonomi dan perdagangan di kawasan Pasifik. Long story, dan banyak perdebatannya juga. Makannya skripsinya menarik dan cukup provokatif. Hehehe..

Ada tips untuk persiapan sidang skripsinya? Tulis di kotak komentar yah!

Advertisements

2 thoughts on “Sidang Skripsi 7 Hari Lagi! Any tips?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s