Apa Cita-cita Tertinggi Bangsa Indonesia?


Kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh cita-cita tertingginya. Cita-cita tertingginya akan menentukan kearah mana pembangunan negara tersebut di masa depannya. Setiap hukum yang disahkan, setiap kebijakan yang diimplentasikan, dan setiap inovasi pembangunan yang diinisiasikan, akan diarahkan menuju cita-cita bersama yang diyakini segenap bangsa dan negara tersebut.

Cita-citanya juga akan menjadi motivasi terbesar setiap individu di negara tersebut untuk terus bekerja keras. Cita-citanya tersebut akan terinternalisasikan ke dalam benak dan diturunkan ke jiwa dan pikiran anak-anak yang kemudian lahir. Matanya akan bersinar dengan semangat dan harapan baru untuk mencapai cita-cita tertinggi bangsa tersebut.

Karena kita adalah bagian dari bangsa Indonesia, menurut kalian, apa cita-cita tertinggi bangsa Indonesia?

Silahkan tuliskan komentar Anda di bawah ini. Setiap komentar yang ada di sini akan diakumulasikan dan digunakan untuk mendukung proyek pembangunan berbasis pemuda.

Terima kasih. XD

Indah Gilang Pusparani

The Pusparaniology

 

Advertisements

12 thoughts on “Apa Cita-cita Tertinggi Bangsa Indonesia?”

  1. Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terkuat yang mampu mensejahterahkan seluruh rakyatnya. Dimulai dengan peningkatan jumlah pengusaha lebih dari 2 % dan perbaikan infrastruktur yang mumpuni, maka hal itu sangat mungkin dicapai…Be Positive, Indonesia!

  2. Cita-cita tertinggi Bangsa Indonesia adalah persatuan dan kesatuan dari segenap rakyatnya dari Sabang sampai Merauke. Ketika rakyat bangsa ini memiliki persatuan dan kesatuan yang kokoh, maka keamanan, pembangunan, perekonomian, teknologi, pendidikan, dan seluruh apa yang dicita-citakan akan dapat tercapai.

  3. Kita lihat dasar dari sebuah bangsa dan negara Indonesia, yakni pada tatanan ideologis, Indonesia mempunyai Pancasila. Dengan lima sila tersebut dan berbagai penjabarannya kita mendapatkan ide dasar atas cita-cita tertinggi bangsa indonesia. Dengan terwujudnya atau menyempurnakan Pancasila kita akan mendapatkan kemajuan sebuah bangsa dan negara Indonesia. Jika Pancasila dianggap terlalu luas sebagai cita-cita sempitkan menjadi pengertian yang mudah dimengerti, “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” merupakan sebuah cita-cita dan the great Indonesian dream yang sangat ideal, walaupun dengan kenyataan kita masih butuh belajar yang banyak untuk mencapai sila tersebut.

  4. menjadi bangsa yg maju, mandiri, mengispirasi, kuat secara ekonomi, pertahanan, dan keamanan, dengan masyarakat yang sejahterah makmur dan cerdas

  5. Jatnika : , Pusparani mari kita tinjau dasar negara kita .menurut saya para founding father telah merumuskan apa yang ingin di capai negara ini sebagai sebuah bangsa : , ya secara formal cita cita bangsa kita tersurat pada UUD’45 alinea pertama . yaitu Kemerdekaan ialah hak segala bangsa … (indonesia bercita cita untuk merdeka) tapi apa hanya itu setelahnya ?? pada alinea ke , mengantarkan bangsa Indonesia ke depan gerbang Kemerdekan Indonesia yang bersatu , berdaulat adil dan makmur , lalu pada alinea ke 4 memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
    mungkin itu menurut saya , untuk mewujudkan visi luhur itu , banyak misi yang harus dikerjakan.
    semoga orang orang cerdas seperti anda bisa merubah banyak hal di negara ini . Amin ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s